-->
Cara Menambah Ram Android Dengan Kartu SD

Cara Menambah Ram Android Dengan Kartu SD


Android adalah sistem operasi yang sangat komplek dan lengkap, hampir semua aplikasi bisa kita dapatkan di sistem operasi ini. Mulai dari aplikasi offcie, edit foto, edit video dan juga aplikasi chatting. Tidak ketinggalan juga ada banyak game yang bisa kita install dari smartphone android ini. Namun jika terlalu banyak menginstall game atau aplikasi tentunya akan membuat ram smartphone android kita menjadi sesak.

Dalam menjalankan aplikasi dan juga game pastinya akan dibutuhkan ram agar aplikasi tersebutbisa berjalan dengan lancar. Pertanyaanya adalah setiap aplikasi memerlukan ram yang berbeda-beda, ada yang hanya membutuhkan ram sedikit ada juga yang butuh ram besar.

Saat ini smartphone android memiliki kapasitas ram yang berbeda-beda, ada yang 512 mb ada juga yang sudah mencapai 3gb. Namun terkadang meskipun ram dari smartphone kita sudah banyak tetap saja terasa lemot saat menjalankan aplikasi tertentu, sehingga akan membuat kita berfikir apakah bisa kita menambah kapasitas ram android.

Sebenarnya kita tidak bisa menambah kapasitas ram android, kita hanya bisa melakukan swap pada smartphone kita. Apa itu swap?  swap ram adalah memori tambahan yang berupa virtual untuk membantu ram primer atau ram asli dalam bekerja. Disini kita akan menggunakan ram manager pro untuk membuat swap ram dan akan mengorbankan sd card kita untuk membuat swap ram tersebut.

Baca Juga Cara Buat Skin DJ

Ram manager pro memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga akan memudahkan kita dalam membuat swap ram pada smartphone android kita.

  1. Pertama anda download dulu ram manager pro dari internet, jangan dari play store. Karena kalau dari playstore anda harus membeli nya, lagian daripada harus membeli lebih baik yang gratis saja.
  2. Selanjutnya anda install ram manager pro, kemudian anda buka aplikasi ini.
  3. Jika ada permintaan superuser anda izinkan saja atau allow.
  4. Kemudian anda centang pada pilihan set on boot, dan anda pilih swap file. Anda pilih 256mb karena itu yang paling maksimal (nantinya sd card anda akan terpotong 256mb untuk keperluan swap memori ini).

  1. Tunggu prosesnya hingga selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 menitan. Setelah selesai anda reboot smartphone android dan rasakan perbedaannya.
Nah itulah bagaimana cara menambah ram android dengan kartu SD, memang ram android anda tidak akan bertambah kapasitasnya karena kita hanya akan membua swap memori dari kartu sd. 





Artikel Terkait:

Admin
Terimakasih sudah mau berkunjung ke situs kami. baruketik.blogspot.co.id ini merupakan salah satu situs yang membahas berbagai macam informasi terbaru yang berkaitan dengan Teknologi.