-->
Cara mengatasi komputer mati sendiri

Cara mengatasi komputer mati sendiri


Cara Mengatasi PC Yang Tiba-Tiba Mati Sendiri Tanpa Adanya Peringatan

Barangkali diantara kita pernah mengalami kasus ketika sedang bekerja menggunakan PC lalu PC/ laptop mati secara tiba-tiba tanpa adanya peringatan terlebih dahulu, tentunya itu akan sangat merugikan bagi kita apalagi jika sedang mengetik melakukan suatu pekerjaan, karena tidak ada kepastian ketikan kita sudah tersave otomatis atau belum, jika belum maka sia-sialah hasil pekerjaan sebelumnya. Dalam kesempatan kali ini penulis akan mencoba memaparkan sedikit informasi tentang cara mengatasi PC/ laptop yang mati seara tiba-tiba ketika sedang digunakan.



Dalam kondisi seperti ini, sebelumnya kita harus dapat memahami kenapa PC/ Laptop dapat mati secara tiba-tiba. Pada umumnya itu dapat terjadi karena beberapa hal berikut ini :

- Komputer terlalu panas atau overheat.
- Masalah kerusakan pada hardware.
- Disebabkan oleh virus pada komputer.
- Masalah pada sistem operasi Windows.
- Kegagalan lain dari hardware.
   Penjelasan :

1. Komputer terlalu panas atau overheat

Operasi pada suatu sistem komputer/ laptop dapat mati secara tiba-tiba tanpa peringatan apabila melebihi anas maksimal yang diisyaratkan (terutama Processor). Banyak komputer/ laptop sekarang dirancang untuk mematikan atau me-reboot secara otomatis jika komputer atau processor tersebut dalam keadaan terlalu panas. Dalam kondisi ini yang dapat anda lakukan adalah anda dapat memeriksa kipas pada power supply dengan memeriksa bagian belakang komputer mati dan melihat apakah kipas angin bergerak dengan lancar atau tidak. Anda bisa membuka komputer dan pastikan kipas bekerja (kipas processor dan kipas Casing) atau jika VGA menggunakan kipas, lalu silahkan masuk ke BIOS dan pastikan BIOS tidak melaporkan kesalahan apapun. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pastikan letak dari aluminimum pendingin PC anda telah berada pada posisi yang tepat karena jika posisi aluminium pendingin tidak tepat walaupun ada kipas proses pendinginan akan tetap ada masalah.

Baca Juga Cara Perbanyak Anggota grup Facebook
2. Masalah kerusakan pada hardware.
Pastikan sistem hardware anda tidak mengalami gangguan dengan cara melihat Device Manager untuk mengecek kesalahan baca. Jika masalah muncul ketika anda baru saja memasang hardware baru, maka bisa dipastikan hardware baru inilah sebagai penyebabnya. 

3. Disebabkan oleh virus pada komputer.
Mungkin laptop/ komputer anda terinfeksi virus yang dirancang untuk mematikan PC secara tiba-tiba pada sebuah aplikasi atau software tertentu, yang perlu anda lakukan adalah melakukan scan dengan anti virus terbaru.

4. Masalah pada sistem operasi Windows.
Jika setelah mengikuti setiap rekomendasi diatas komputer nya masih terus terusan mati sendiri, kemungkinan besar computer agan mengalami masalah sistem operasi Microsoft Windows yang sulit dijelaskan. Untuk membantu memastikan bahwa hal ini terjadi, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Setelah anda membuka komputer di CMOS setup, biarkan komputer tersebut beberapa saat. Jika komputer tidak mati dalam beberapa waktu artinya dia bisa bertahan jalan pada BIOS maka kemungkinan penyebabnya adalah Microsoft Windows.

5. Kegagalan lain dari hardware.
Jika setelah menginstall ulang sistem operasi anda, atau selama instalasi sistem operasi anda, kasus yang sama masih terjadi maka sangat mungkin bahawa ada kegagalan hardware lainnya di komputer. Sering kali terjadi misalnya RAM, CPU, motherboard/ Power Supply.

Jika anda memiliki persediaan bagian-bagian ini atau memiliki teman dengan konfigurasi yang sama, cobalah untuk bertukar bagian-bagian ini untuk menentukan masalah anda. jika tidak maka anda membutuhkan jasa seorang tekhnis yang lebih senior.


Artikel Terkait:

Admin
Terimakasih sudah mau berkunjung ke situs kami. baruketik.blogspot.co.id ini merupakan salah satu situs yang membahas berbagai macam informasi terbaru yang berkaitan dengan Teknologi.