-->
Cara mengetahui komputer ada keylogernya

Cara mengetahui komputer ada keylogernya


Salah satu cara dari hacker untuk mendapatkan passwor atau akun kita adalah dengan cara memasang keylogger pada komputer. Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam semua yang kita ketikan di keyboard, sehingga saat anda mengetik kan akun beserta password maka sang hacker tersebut akan mengetahui akun dan juga password anda.

Meskipun anda sudah menggunakan on screen keyboard atau aplikasi bawaan dari windows yang bisa mengetikan sesuatu tanpa menggunakan keyboard fisik, tetap saja hal tersebut masih bisa direkam oleh keylogger. Nah untuk itu anda harus mengetahui seperti apa ciri-ciri dari komputer yang terpasang keylogger agar anda terhindar dari pencurian akun, apalagi akun sosial media dan juga akun bank online seperti paypal.

Baca Juga Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Mati Sendiri
Keylogger berasal dari kata Keystroke logging yang berarti kegiatan mencatat aktivitas semua tombol pada keyboard, sehingga semua yang anda ketikan akan muncul di keylogger tersebut dan direkam. Keylogger ada dua macam, yaitu berupa hardware dan juga berupa software.

Jika anda ingin mengetahui apakah komputer terpasang oleh keylogger berupa hardware caranya cukup mudah, anda hanya tinggal melihat ke belakang dari casing atau CPU, jika terpasang usb tambahan atau PS2 tambahan maka sudah pasti itulah yang dinamakan keylogger.

Jika anda menemukan keylogger tersebut sebaiknya langsung anda cabut saja dan buang (jangan sampai pemilik nya tahu, karena kalau tahu bisa-bisa anda bisa dimarahi atau dihajar)



Cara Mengetahui Komputer Yang Terpasang Software Keylogger

Untuk mengetahui apakah komputer terinstall aplikasi atau software keylogger cara nya sedikit rumit karena anda harus bermain dengan command prompt atau cmd.
Pertama anda buka dulu command prompd (windows +r dan ketikan cmd)
Selanjutnya anda ketikan dir (secara default anda akan berada di drive c). sementara perintah dir akan berguna untuk menampilkan seluruh isi dari direktori drive C.

Setelah anda mengetikan perintah dir tersebut, akan muncul semua isi direktori dan juga file yang berada di drive c. Yang harus anda perhatikan adalah jumlah memori yang tersisa di drive c tersebut. anda bisa melakukan screenshoot atau mencatat secara manual.


Selanjutnya anda buka notepad, tulislah apa saja yang ada tapi jangan sampai anda save
selanjutnya anda ulangi langkah kedua yaitu mengetikan perintah dir pada command prompt dan lihat apakah jumlah memori yang tersisa sama atau berbeda. Jika sama maka anda aman dari keylogger dan jika berbeda maka sudah pasti dalam komputer tersebut terdapat software keylogger yang bisa mencuri dan merekam semua apa yang anda ketikan tadi.
Nah begitulah tutorial bagaimana cara mengetahui komputer yang ada keyloggernya atau tidak, dengan begitu anda akan terhindar dari pencurian akun .

Artikel Terkait:

Admin
Terimakasih sudah mau berkunjung ke situs kami. baruketik.blogspot.co.id ini merupakan salah satu situs yang membahas berbagai macam informasi terbaru yang berkaitan dengan Teknologi.