-->
Cara mudah reset ulang smartphone android seperti baru

Cara mudah reset ulang smartphone android seperti baru


Tutorial cara mudah mereset ulang sendiri HP atau Tablet android anda yang bermasalah

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang dalam mengatasi android yang bermasalah, salah satu cara dalam mengatasi sistem android yang bermasalah tersebut adalah dengan melakukan Factory Reset  atau reset ulang pada android, hal ini dilakukan untuk mengembalikan software pada HP atau tablet kekondisi awal seperti pada saat kondisi baru beli. Pada umumnya Factory Reset dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang berkenaan dengan software dari sistem android yang bermasalah.


Perlu diingat bahwa reset ulang pada sistem HP atau tablet android yang anda lakukan akan menyebabkan semua data yang tersimpan di memori internal akan terhapus secara otomatis. Dalam hal ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mereset ulang android, baik itu melalui menu Back Up & Reset, menekan kode rahasia atau melalui Recovery Mode pada android. Karena banyaknya cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan proses reset ulang ini, maka melalui artikel singkat ini penulis akan memaparkan beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam upaya mereset ulang android anda yang bermasalah.

Baca Juga Trafik Dunia Internet

1. Reset Ulang melalui Menu Setting/ Pengaturan di Android
Cara ini bisa anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke konter dan jasa perbaikan HP yang memakan  biaya tertentu, alangkah baiknya sebelum melakukan reset sebaiknya anda perlu membackup data-data yang dianggap perlu seperti foto, video maupun dokumen-dokumen penting lainnya ke External Memory. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengembalikan sistem Android anda ke pengaturan pabrik:

-       Masuk ke Menu Setting/ Pengaturan
-       Carilah menu Backup & Reset
-       Kemudian tap Fctory data Reset
-       Centang yang dianggap benar, kemudian tap reset device
-       Tunggu proses resetnya hingga selesai sekitar 3-10 menit tergantung dari banyaknya data yang ada pada android anda.
-       Setelah selesai secara otomatis android akan melakukan proses restart, jika tidak anda dapat melakukan secara sendiri atau manual.

2. Reset Ulang dengan cara menekan tombol rahasia

Cara kedua dalam melakukan reset ulang HP atau Tablet andorid anda tergolong cara mudah, karena anda hanya perlu menekan tombol rahasia yaitu *2767*3855#. Dengat catatan anda masih bisa mengakses keyboard.

3. Reset Ulang dengan metode Recovery Mode

Langkah terakhir ini adalah cara yang paling ampuh yang dapat anda lakukan untuk mereset ulang sistem android anda, cara ini biasanya dilakukan jika kita tidak bisa mengakses HP/ Tablet seperti Bootlop. Berikut ini cara masuk ke Recovery mode untuk melakukan Wipe data/ Factory Reset pada android :

  1. Pertama-tama anda perlu memastikan kalau baterai andorid anda telah terisi full, minimal 70 % untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  2. Lalu matikan HP atau Tablet android anda.
  3. Tekan dan tahan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan dan tahan untuk beberapa detik.
  4. Gunakan Volume Up untuk memilih menu “Factory Reset/ Wipe Data”.
  5. Kemudian Pencet tombol Home untuk Mulai proses
  6. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  7. Kemudian pilih lagi menu Reboot System Now.

Catatan :
Untuk masuk ke menu Recovery Mode hanya bisa dilakukan saat kondisi HP dalam keadaan Off (Mati).

Untuk masuk ke Recovery Mode di setiap HP kadang berbeda-beda tergantung merk dan type HP yang anda gunakan, untuk itu pahami dan ketahui jenis HP yang anda gunakan terlebih dahulu. 

Artikel Terkait:

Admin
Terimakasih sudah mau berkunjung ke situs kami. baruketik.blogspot.co.id ini merupakan salah satu situs yang membahas berbagai macam informasi terbaru yang berkaitan dengan Teknologi.